Kamis, 18 Mei 2017

CONTOH BAHAN KERAS BUATAN

Kerajinan Bahan Keras Buatan


Bahan utama dari kerajinan ini adalah bahan-bahan alam yang telah mengalami pengolahan oleh manusia. Faktor manfaat yang mendasari manusia untuk mengolah bahan ini. Beberapa contoh bahan keras buatan seperti logam, kaca dan lain sebagainya.


1. Kerajinan dari Bahan Logam


Kriya logam adalah seni kerajinan atau keterampilan untuk membuat sesuatu menjadi barang- barang yang memiliki nilai guna dengan menggunakan logam sebagai medianya. Adapun karya yang dihasilkan dapat berupa karya 2 dimensi (lukisan logam), ataupun 3 dimensi (patung logam).
a. Media Logam, media logam yang biasa digunakan dalam pembuatan karya-karya kriya logam menggunakan media almunium,kuningan, dan tembaga. 
b. Teknik-teknik, adapun teknik-teknik yang biasa dipakai pada kriya logam yaitu dengan  teknik : Ketok, las, cor, dan patri.


2. Kerajinan dari Bahan Kaca Serat atau Fiberglass


Kaca serat (fiberglass) adalah serat gelas berupa kaca cair yang ditarik menjadi serat tipis. Serat ini dapat dipintal menjadi benang atau ditenun menjadi kain, kondisi sudah siap pakai. Kemudian, diresapi dengan resin sehingga menjadi bahan yang kuat dan tahan korosi. Oleh sebab itu, fiberglass biasa digunakan sebagai badan mobil dan bangunan kapal. Dia juga digunakan sebagai agen penguat untuk banyak produk plastik. Keunggulan fiberglass sebagai material komposit memang tidak diragukan lagi. Bobot yang ringan, kekuatan yang tangguh dan dapat diandalkan, sifat yang anti karat, penampilan yang menarik dan bisa diberi efek warna serta tekstur serta flexibilitas untuk dibentuk menjadi aneka bentuk adalah sebagian keunggulan fiberglass yang membuat bahan ini serbaguna.






http://penaklukilmu.blogspot.co.id/2017/01/menganalisis-kerajinan-dari-bahan-keras.html

Tidak ada komentar:
Write komentar